Labels

Minggu, 25 Desember 2011

Inilah Alam Url Terpendek Di Dunia (4 Huruf)



URL (Uniform Resource Locator, diterjemahkan: Pelokasi Sumber Daya Seragam), adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. -Wikipedia-

Saat ini milyaran alamat URL di dunia, beberapa di antaranya unik, atau sengaja dibuat unik. Salah satunya adalah URL terpendek dengan jumlah deretan karakter paling sedikit. Ada banyak sekali halaman situs yang memuat pencarian keunikan URL ini, salah satunya adalah Andrej’s Miscellany. Dalam blog pribadi tersebut, dituliskan beberapa URL yang diklaim sebagai terpendek di dunia.

Beberapa URL terpendek tersebut adalah:

1. 3.ly dianggap sebagai alamat URL terpendek. 3ly sendiri sebenarnya adalah halaman situs aplikasi online untuk memperpendek URL. Ya, fasilitas custom untuk URL yang ingin ditampilkan lebih pendek saat ini mulai dicari banyak orang guna menyisipkan keunikan tersendiri dalam alamat situsnya.

2. u.nu juga adalah salah satu URL dengan karakter paling sedikit, yaitu hanya 4 karakter termasuk [dot]. Saat ditelusuri, u.nu sendiri tengah dalam status discontinue. Namun, dengan slogan “the shortest url.period”, bisa dipastikan halaman ini juga adalah situs aplikasi custom.

3. is.gd dengan 5 karakter termasuk [dot] ternyata juga adalah aplikasi custom memperpendek alamat www. Dengan tombol sekali klik setelah memasukkan alamat URL konvensional, akan terjadi proses instan yang mengubahnya menjadi URL pendek.

Setelah ditelusuri, memang semua URL dari daftar di atas adalah situs www penyedia layanan custom untuk memperpendek URL. Namun, tetap saja basis halaman dan jenis tampilannya tergolong URL dari halaman www standar.

URL Pertama kali diciptakan oleh Tim Berners Lee –yang juga adalah pencipta www (world wide web)– pada tahun 1991 agar penulis dokumen bisa merujuk ke pranala-pranala lain dengan ragam jenis dokumen yang berbeda, saat ini oleh orang awam URL lebih dikenal sebagai alamat tentu sebuah situs internet. Kesalahan atau kekurangan dalam mengetik objek URL bisa berujung berubahnya alur situs yang terbuka.

kaskus.us

0 komentar

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar, dengan sopan dan tidak membuat spam
Terimakasih
1.Ganti Berikomentar Sesuai Kemauan Agan, Untuk Comment Tanpa ID Pakai Anonymous
2.Klik Publikasikan
Admin : Menyengkiller